Kamis, 04 April 2013

Layanan Bus Transjakarta 24 Jam Mulai Akhir Tahun



Layanan Bus Transjakarta 24 Jam Mulai Akhir Tahun
Sebuah bus gandeng TransJakarta baru asal China, Zhong Tong saat melintasi untuk hari pertamanya di kawasan Thamrin, Jakarta, (1/1). Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta-Pengoperasian busway selama 24 jam sehari diyakini bakal jadi dilakukan mulai akhir tahun nanti. Keyakinan itu diungkap Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Muhammad Akbar. “Akan berjalan di semua koridor," katanya, Selasa 2 April 2013.
Jam pengoperasian tambahan untuk layanan itu akan dimulai Pukul 22.00 hingga Pukul 05.00. Total akan disiapkan hingga 90 armada bus Transjakarta.
Bus-bus itu akan diambilkan dari armada Koridor I yang pada Juni nanti habis masa kontraknya. Bus-bus itu sejatinya ditarik oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk diremajakan. "Jika Juni mulai ditarik maka peremajaan butuh setidaknya tiga bulan sehingga diharapkan akhir tahun sudah mulai beroperasi lagi,” kata Akbar.
Diperkirakan nantinya akan ada 7-10 unit bus yang melayani di setiap koridor. Dengan kondisi lalu lintas yang ada di rentang jam itu, waktu tunggu antar bus sekitar 30 menit.
Adapun halte-halte yang digunakan dipilih yang memang dianggap cukup ramai seperti Harmoni, Semanggi, Slipi, dan Cawang. “Untuk keamanan, kami menjamin akan ada petugas yang khusus ditugasi menjaga di setiap halte dan bus.”



SYAILENDRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar