Kamis, 20 Juni 2013

Mutasi Kepala BLU Transjakarta, Kadishub DKI: Bukan Soal Kinerja


oleh Andi Muttya Keteng

Mutasi Kepala BLU Transjakarta, Kadishub DKI: Bukan Soal Kinerja
(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Liputan6.com, Jakarta : Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Muhammad Akbar, dimutasi menjadi Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, keputusan itu merupakan usulan dari Dinas Perhubungan sendiri.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, membantah pergantian terkait kinerja Akbar. Menurut dia, Akbar sudah 3 tahun mengabdi di Transjakarta. Penggantian ini merupakan upaya penyegaran biasa.

"Ini nggak ada kaitannya dengan kinerja Pak Akbar selama di Transjakarta. Kalau di DKI kan pejabatnya setiap 3 tahun dievaluasi. Kasudin Jakpus lama dipindah ke Kabid Daop Dinas," ujarnya di Balaikota, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Akbar digantikan oleh Pargaulan Butar Butar yang dulu menjabat sebagai Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dishub. Menurut Pristono, pemilihan Pargaulan berdasarkan latar belakang keahlian dan pendidikannya, yaitu ahli penguji kendaraan bermotor.

"Jadi pengalaman lapangan dan manajemen dia ada untuk mengelola Transjakarta," kata dia lagi.

Dia mengatakan, Transjakarta merupakan andalan transportasi warga Jakarta. Sehingga kualitas pelayanannya perlu terus ditingkatkan. Misalnya mengenai headway atau jangka waktu kedatangan bus.

Kemudian juga tentang kualitas sarana dan prasarana halte dan armada bus, terutama masalah kebersihannya. Pristono pun berharap, Kepala BLU Transjakarta yang baru dapat melakukan koordinasi yang baik atas kebersihan dan sterilisasi jalur bus Transjakarta.

Banyaknya armada bus yang mogok juga menjadi salah satu masalah yang akan dihadapi. Jadi, kata dia, harus diawasi betul operator-operator untuk perawatannya.

"Yang soal halte perbaikannya harus terus dilakukaan yang rusak. Mudah-mudahan sekarang dan ke depannya nanti di awal 2014 semua bus datang. Sekarang masih diadakan," tutur Pristono. (Frd/Ism)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar