Jumat, 22 Maret 2013

Melongok Stasiun Kereta Sebesar Bandara di Beijing

Suhendra - detikfinance

Beijing - Dukungan pemerintah China terhadap kemajuan perkeretaapian di negaranya sangat besar. Hal ini dapat dibuktikan dengan majunya sarana dan prasarana perkeretaapian di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Fasilitas stasiun kereta api di China sangat megah, moderen, rapi, bersih dan nyaman. Misalnya Beijing South Railway Station, stasiun yang beroperasi mulai 1 Agustus 2012 lalu ini memiliki luas hingga 32.000 meter persegi. Dengan luas itu, bisa dikatakan luas stasiun kereta ini mengalahkan luas terminal III Bandara Soekarno Hatta.

Kesan mewah dan megah sudah terlihat dari luar stasiun. Stasiun ini dilingkari oleh lintasan jembatan layang yang semakin memberikan kemegahan Beijing South Railway Station.

"Ada empat pintu masuk di stasiun ini ada dari utara, barat, timur dan selatan," kata Juru Bicara Beijing South Railway Station Chen Ya Xin di sela-sela program studi banding 'Melihat China dalam Perspektif Perkeretaapian' oleh PT KAI, Senin (18/3/2013)

Menurutnya stasiun tersebut mampu menampung 70.000 orang keluar dan masuk Kota Beijing. Stasiun ini dilengkapi dengan fasilitas 4.200 tempat duduk yang nyaman, termasuk fasilitas pengamanan pintu masuk dilengkapi dengan mesin X-Ray layaknya bandara.

"Standar pengamanan disini dari masing-masing pintu harus melalu pemeriksaan badan dan X-ray," kata Ya Xin.

Stasiun yang tinggi atapnya hingga 40 meter ini berkonsep ramah lingkungan. Selain atap atasnya menggunakan kaca agar cahaya matahari masuk, bangunan ini dilengkapi oleh 3000 unit solar cell sebagai sumber energi listrik.

Stasiun ini juga terkoneksi 24 jalur rel dari dan menuju Tianjin. Setiap harinya setidaknya ada 100 kereta yang keluar masuk ke Beijing South Railway Station.

Menurut Ya Xin, para pengguna jasa kereta api bisa memesan tiket kereta dengan berbagai cara seperti pembelian langsung di stasiun, pembelian tiket melalui online, via telepon hingga penggunaan mesin otomatis untuk tiket. Khusus untuk pembelian langsung, konsumen dapat membeli tiketnya di 8 loket yang disediakan oleh para petugas yang siap melayani.

Layaknya bandara, stasiun yang terdiri beberapa lantai hingga bawah tanah ini dilengkapi oleh kawasan komersial yang dihuni oleh para tenant-tenan. Setidaknya tercatat ada 40 lebih tenant yang berada di stasiun tersebut. Para pengunjung pun akan dimanjakan oleh elevator yang tersedia di setiap pintu masuk dari atau menuju kereta.

"Di stasiun ini terdapat 23 pintu pemeriksaan tiket, orang hamil dan orang tua dapat prioritas untuk masuk," katanya.

Untuk mengoperasikan stasiun kereta sebesar ini dibutuhkan kurang lebih 300 pegawai dengan gaji 4000-6000 yuan. Khusus untuk kepala stasiun harus lulusan S3, yang terlebih dahulu mendapat pendidikan dan ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar