Jumat, 22 Maret 2013

Ini Dia Para Pramugari Cantik di Kereta Api Cepat China


Suhendra - detikfinance
Pramugari Kereta Cepat China (Foto: Suhendra/detikFinance)
Beijing - Pelayanan kereta api cepat di Beijing-Tianjin, China (CRH) tak hanya menyuguhkan kecepatan dan ketepan waktu yang bisa diandalkan. Keramahan pelayanan para awak kereta pun menjadi nilai lebih kereta cepat ini.

Rombongan 91 pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ikut program studi banding 'Melihat China dalam Perspektif Perkeretaapian' berkesempatan menjajal kereta CRH tersebut, Senin (18/3/2013). Layaknya kereta eksekutif, CRH juga dilengkapi dengan layanan pramugari di dalam kereta.

Tugas mereka selain menjaga pintu kereta, juga berperan sebagai pramuniaga. Para pramugari ini tak segan-segan menjajakan produk souvenir khas kereta cepat CRH kepada para penumpang, sementara sebagian lagi berdiri di depan pintu kereta sesekali mengawasi penumpang.

Senior Manajer Pelayanan PT KAI Subakir mengatakan konsep pramugari juga telah diterapkan dalam layanan PT KAI terutama untuk layanan kereta eksekutif.

"Para pramugari mereka antusias menyampaikan informasi, dengan tata krama, mereka juga ada customer service," katanya kepada detikFinance Senin (18/3/2013)

Menurut Subakir para pramugari di KAI juga tak kalah cantik dan ramah-ramah. Mereka juga bisa mengambil peran juga sebagai pramuniaga di kereta. Sehingga menurutnya untuk sisi ini layanan kereta di Indonesia tak kalah dengan China. Namun ada banyak layanan lain yang harus dibenahi oleh PT KAI.

"Dari hasil lapangan tadi, memang kita akui prasarana di stasiun kita (PT KAI) kurang memberikan informasi kepada para penumpang terutama soal informasi jadwal kedatangan, yang ada di kita informasi kursi yang tersisa. Kalau mereka (China) stasiunnya sudah sama dengan bandara soal papan informasi di stasiun," terang Subakir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar