Rabu, 13 November 2013

Jokowi: Aksi Busway Kick Daivi Baik

Mulya Nurbilkis - detikNews
 
Jokowi Beraksi Busway Kick (Mulya Nurbilkis/detikcom)

Jakarta - Gubernur DKI Jokowi menyambut baik busway kick ala Muhammad Daivi (62). Bagi Jokowi, aksi Daivi merupakan sanksi sosial dari masyarakat bagi penerobos busway.

"Menurut saya aksinya baik. Itu kalau memang kejadian terus menerus, akan ada tertib sosial," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan itu usai tanam pohon jambu jamaica bersama istrinya, Iriana dan istri Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Rabu (13/11/2013).

Menurut Jokowi, di masyarakat akan ada hukuman sosial kalau ada pelanggaran.

"Di masyarakat akan ada hukuman sosial. Dan itu bagus. Kan dari awal sudah saya jelaskan untuk selalu tertib hukum dan tertib sosial," kata pria beranak 3 ini.

"Itu di masyarakat saja yang bergerak. Kalau sudah seperti itu akan ada tertib sosial sendiri," tutur Jokowi yang menirukan aksi busway kick dengan mengangkat jempolnya menghadap ke bawah.

Daivi melakukan aksi busway kick sejak September lalu. Aksi dilakukan dengan cara mengeluarkan kaki ke arah kendaraan yang memasuki jalur TransJ melalui shelter busway. Selain mengeluarkan kaki, pelaku aksi ini juga mengeluarkan jempol ke bawah ke arah penerobos busway.

Kepada kaum perempuan yang hendak menirunya, Daivi menyarankan untuk melakukan 'salam jempol ke bawah' daripada mengangkat kaki dengan alasan keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar