Selasa, 12 Februari 2013

Monorel 'Made In Bekasi' Bakal Diuji Kelaikan



Wahyu Daniel - detikfinance

Jakarta - Perusahaan lokal saat ini sudah bisa menciptakan alat transportasi monorel. Adalah PT Melu Bangun Wiweka (MBW) yang berhasil menciptakan monorel lokal pada pabriknya yang berlokasi di Bekasi.

Kemarin, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengunjungi pabrik MBW yang berlokasi di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Dikatakan Bambang, akan ada proses uji kelaikan untuk monorel tersebut.

"Akan ada proses uji kelaikan, kemarin sudah bicara dengan BPPT dan Kemenperin untuk membuat standar dan proses uji kelaikannya," ujar Bambang kepada detikFinance, Selasa (12/2/2013).

Seperti diketahui, monorel lokal ini dijual dengan harga Rp 100-150 miliar/km. Harga tersebut sudah termasuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mulai dari keretanya, sinyal, dan sistem elektrifikasi.

Harga ini relatif murah bila dibandingkan dengan monorel buatan negara lain yang bisa menghabiskan hingga Rp 300 miliar/km.

Menurut Bambang, dirinya ingin mendorong monorel lokal ini agar memiliki daya saing. Apalagi 80% dari bagian monorel ini merupakan kandungan lokal. "Dampak multiplier-nya terhadap ekonomi akan cukup besar," tegas Bambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar